Senin, 01 Desember 2008

INTERNET MASUK SAMBOGUNUNG


SIAPA bilang Internet hanya dapat dinikmati kalangan menengah ke atas. Teknologi Internet kini dapat dirasakan manfaatnya oleh penduduk di pelosok desa seperti desa sambogunung kita ini.
kehadiran komputer di desa sambogunung masih asing bagi penduduk. Namun, setelah mereka mengetahui bahwa fasilitas tersebut sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi mereka yang dalam pekerjaan sehari-hari tidak bisa lepas dari komputer,ditambah adanya jaringan internet yang sudah bisa masuk ke desa, sehingga merekapun juga harus memanfaatkan fasilitas tersebut dengan memasang wireless di rumah yang sudah tersambung di MI YKUI. merekapun mulai tertarik untuk mencoba. Bahkan, ada seorang penduduk yang langsung membeli komputer/laptop meski harus merogoh kocek hingga Rp4 juta-an.

Banyak hal-hal lucu saat penduduk desa mencoba komputer pertama kali. Ada yang kikuk dan takut ketika menggeser mouse atu hal-hal lain yang belum biasa mereka lakukan.
ada pula yang sangat memanfaatkan internet seperti seorang pengusah peternak kambing yang ingin tahu lebih banyak, misalnya bagaimana memelihara kambing yang katanya lagi mahal harganya. Selain komputer, penduduk memang sudah diperkenalkan kepada Internet untuk mencari informasi khususnya mereka yang benar-benar membutuhkan berita-berita terkini.
"Dari interne, kita dapat informasi yang banyak dan informasi yang tepat untuk kebutuhan kita.
Internet saat ini juga digunakan untuk mencari informasi mengenai harga suartu barang di pasaran. Selain itu juga ada yang menyempatkan waktu ke Warnet untuk mencari informasi-informasi terbaru.
"Kehadiran teknologi di Desa Sambogunung sangat cepat sekali diterima oleh masyarakat.
Petani juga sebenarnya butuh informasi terhadap perkembangan ilmu pertanian sehingga tidak salah jika seorang petanipun harus mengakses internet untuk mencari informasi harga, mengakses pasar, namun juga mengembangkan tanaman pangan baru di daerahnya. Hal ini sesuai dengan tujuan dari program pemerintahan desa yang menginginkan masyarakatnya tidak ketinggalan informasi, bahwa seiring dengan meningkatnya sumber daya masyarakat pedesaan, taraf hidup keluarga meningkat, ekonomi pedesaanpun ikut meningkat.
Namun, manfaat komputer dan Internet akan jauh lebih optimal jika didukung infrastruktur dasar. Internet menjadi harapan namun listrik dan transportasi yang lancar masih menjadi impian penduduk desa sambogunung.
Jaya terus masyarakat-masyarakat Sambogunung....!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar